Saturday, June 25, 2016

Cara Aman Reset Ulang Hp Android Tanpa Komputer


Masuk ke Recovery Mode

Cara untuk masuk ke Recovery Mode Android yakni dengan mematikan gadget terlebih dahulu yakni dengan menekan dan tahan tombol Android secara bersamaan. Misalnya untuk smartphone Andrid Samsung Galaxy Young S5360 dengan cara tekan tombol volume up + home + power secara bersamaan, dan langsung akan masuk ke menu Recovery Mode. Mengenai cara masuk ke Recovery Mode setiap smartphone memiliki tombol yang harus ditekan berbeda-beda.

Dalam Recovery Mode hanya akan terdapat tampilan tulisan saja, selain itu dalam Recovery Mode layar sentuh smartphone pada umumnya tidak akan berfungsi. Untuk mengatur atau menavigasi layar hanya perlu menggunakan tombol volume namun hal ini juga terantung kepada tipe handphone yang digunakan. Contoh tampilan Recoveri Mode bisa lihat gambar di bawah ini.

Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Langkah selanjutnya setelah berhasil masuk ke Recovery Mode yakni melakukan Wipe Data / Factory Reset, dan restart handphone Android. Contoh cara melakukan factory reset pada HP Android amsung Galaxy Young:


  • Yang perlu diperhatikan pertama sebelum melakukan factory Reset yakni kapasitas baterai harus cukup banyak minimal 70 %.
  • Langkah kedua dengan mematikan hanphone android
  • Tekan tombol Volume Up + tombol home + tombel Power bersamaan selama beberapa detik dan Anda akan masuk ke Recovery Mode Android
  • Pada tampilan Recovery Mode pilih tulisa Factory Reset / Wipe Data, dengan cara menggunakan tombol volume untuk mengarahkan kursor
  • Lalu tekan tombol home untuk memulai proses setalh proses selesai kemudian Reboot handphone

Yang perlu diingat untuk masuk ke Recovery Mode adalah handphone Android harus dalam keadaan mati. Mengenai kasus Bootloop, jika setelah dilakukan factory reset namun tidak menyelesaikan masalah atau perangkat Android tetap tidak dapat masuk ke menu, untuk engatasi masalah ini pada umumnya yakni dengan melakukan flash firmware atau meng-install ulang sistem operasi handphone. Namun setiap tipe handphone juga memiliki cara berbeda untuk melakuka flash firmware.


EmoticonEmoticon