Sunday, January 14, 2018

Mengatasi Masalah Install Windows 7 Load Drive & Missing CD/DVD Drive

Kali ini kita akan membahasa bagaimana Mengatasi Masalah Load Drive & Missing CD/DVD Drive pada saat install windows 7, pesan yang ditampilkan pada saat proses install windows 7 biasanya "A required CD/DVD drive device driver is missing, if you have CD / DVD or flash drive please insert now" hal ini saya alami pada saat Instalasi Windows 7 dengan Motherboard ASUS H110M Series. kebetulan sekali jika anda sekarang sedang mengalami masalah yang sama dengan komponen perangkat yang sama juga, saja pastikan 100% work.  baca dengan teliti jangan sepenggal saja 


Cara Mengatasi Install Windows 7 64bit / 32bit di Motherboard ASUS H110M Series sebetulnya sangat mudah sekali, ada beberapa cara di internet yang jika anda praktikkan akan beresiko pada flash disk anda, cara tersebut anda harus mencabut flash disk 3x hingga lebih dengan memindahkan port satu ke port dua dan seterusnya dengan asumsi windows installer akan tampil dan dapat melanjutkan proses instalasi ini jelas salah.



Cara Mengatasi Install Windows 7 " A required CD/DVD drive device driver is missing, if you have CD / DVD or flash drive please insert now " tidak harus diatasi menggunakan CD / DVD, anda tetap bisa menginstallnya dengan flash disk. berikut langkah - langkahnya :

Yang Harus disiapkan :
  • File ISO Windows Installer 
  • Flash disk 8 Gb
  • Sofware ASUS EZ Installer
  • Komputer yang terdapat DVD Rom / anda dapat menggunakan Power Iso sebagi Virtual Disk

Langkah Membuat Master Install Windows 7 :

Jangan Menggunakan Rufus anda tidak akan berhasil !
  1. Masukkan DVD Windows 7 installer pada Komputer anda (komputer yang digunakan untuk membuat master Install Windows 7 ke flash disk)
  2. Jika tidak ada DVDnya anda dapat menggunakan Power Iso untuk membuat Virtual Disk di Komputer anda.
  3. Install dan Buka Software ASUS EZ Installer DOWNLOAD DI SINI
  4. Pilih Windows 7 OS disk to USB storage device  kemudian klik NEXT
  5. Beri tanda centang pada I agree and kemudian klik Next
  6. Pilih Sumber Windows 7 Installer (dari drive DVD / maupun drive DVD Virtual dari Power ISO) klik NEXT
  7. Tentukan USB storage device (Flash Disk) yang sudah anda berihkan kemudian klik next
  8. Jika terdapat "Click Yes to clear the contents on the USB storage device and create a bootable USB device" ikuti saja karena flas disk anda akan disesuaikan dengan kebutuhan Sowftware ASUS EZ Installer.
  9. Tunggu hingga proses selesai kurang lebih 10 menit tergantung kecepatan komputer anda.
Langkah Proses Install Windows 7 :
Jangan terlalu fokus pada pengaturan bios, pengaturan bios tidak ada masalah dengan kasus " A required CD/DVD drive device driver is missing, if you have CD / DVD or flash drive please insert now "

  • Pasang USB storage device atau Flash disk yang sudah ada siapkan tadi.
  • Cek pada BIOS pastikan USB Storage Device terdeteksi. jika sudah terdeteksi silahkan tekan F10 klik Yes 
  • Pada saat komputer RESTART tekan F8 dan pilih Nama Falas Disk yang sudah anda siapkan tadi. (Flash disk anda akan ditampikan menjadi 2 silahkan pilih yang tidak ada keterangan UEFI) 
  • Selesai.

Demikian Cara Mengatasi Install Windows 7 " A required CD/DVD drive device driver is missing, if you have CD / DVD or flash drive please insert now " pada Motherboard ASUS H110 Series (Cara ini dapat anda gunakan pada seri Motherboard 200 / 100 ) Semoga bermanfaat. #Blognuer 



EmoticonEmoticon