Tuesday, April 16, 2013

Perbedaan Singkat Netbook dan Laptop

Perbedaan Singkat Netbook dan Laptop, pada dasarnya kedua produk tersebut tidak memiliki banyak perbedaan bahkan fungsi antara keduanya sama, asal mula netbook dapat ditelusuri dari produk jajaran netbook milik Psion - perusahaan pembuat perangkat keras yang berasal dari London yang saat ini sudah tidak lagi dilanjutkan, Proyek satu laptop untuk tiap anak (OLPC), dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan mampu digunakan untuk mengakses jaringan. Kehadiran netbook mulai dikenal luas pada saat Asus mulai memperkenalkan jajaran produk ASUS Eee PC untuk mengisi kekosongan pasar. 

Sedangkan Laptop mulai menjadi pembicaraan serius dikalangan para produsen dan desain PC pada awal 1070-an, ketik komputer pribadi yang portable diangkat ke permukaan. Sebuah “personel, portable information manipulator” yang dibayangkan oleh Alan Key di Xerox PARC pada tahun 1985, dan dijelaskan pada tahun 1972 dalam makalahnya yaitu “Dynabook”. Proyek IMB SCAMP yaitu Special Computer APL Machine Portable telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada processor PALM (Put All Logic In Microcode). IBM 5100, komputer portable pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe SCAMP

Beberapa hal yang mudah kita pahami bahwa perbedaan Netbook dan Lapot secara garis besar Laptop memiliki ukuran yang lumayan besar sehingga fitur yang tertanam lebih lengkap dari pada netbook. dan Netbook memiliki ukuran yang relatif kecil dibanding dengan ukuran Laptop sehingga terlihat lebih  rampi dan sangat simpel untuk digunakan dan dibawa kemanapun. Laptop karena memiliki ukuran yang besar maka banyak fitur yang terkandung didalamnya diantaranya CDRW maupun DVDRW yang terdapat pada sisi kanan Laptop sedangkan Netbook senderi tidak terdapat fitur Drive DVDRW maupun CDRW mungkin ini yang nampak jelas mengenai perbedaan.

Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk tersebut diantaranya sebagi berikut, Laptop karena ukuran yang sangat besar dibanding dengan Netbook sehingga laptop memiliki lebih banyak fitur dari pada netbook sehingga pemanfaatanyapun semakin terasa lengkap terutama dalam hal instalasi karena terdapat Drive DVDRw / CDRw maka proses instalasi semakin terasa mudah dan simpel kemudian kelebihan yang lainnya adalah mudah dan sangat pas ketika digunakan untuk entry data / ngetik katrena ukuran yang besar dan sesuai dengan jari-jari kita namun Laptop memiliki ukuran yang sangat besar sehingga kebanyakan orang kurang begitu nyaman ketika dibawa dan selain itu Batry yang boros dibandingkan netbook karena laptop meneluarkan daya yang lebih besar karena tampilan yang dihasilkan juga lebar.
sedangakan netbook memiliki ukuran yang simpel dan sangat cocok untuk digunakan bepergian karena ringan dan tidak menghabiskan tempat selain itu keunggulan juga terdapat dalam kondisi Batry yang tahan lama sangat cocok sekali untuk digunakan diluar ruangan namun kendala berada pada saat instalasi karena tidak terdap Drive CD/DVD.
.


EmoticonEmoticon